Makna Hari Kartini Bagi Mahasiswi FIKom
Kamis, 21 April 2016

Hari Kartini merupakan sebuah hari yang special untuk mengenang jasa R.A Kartini, seorang wanita yang amat tangguh dan pemberani dalam membela hak – hak kemanusiaan dan yang paling terutama adalah Hak wanita pada jaman itu. Hingga sekarang jasa Kartini amat lah nyata bagi kaum wanita, ada nya kesetaraan kaum wanita dan kaum pria.  Jasa Kartini yang tak pernah bisa dilupakan begitu saja pada benak warga Indonesia khusus nya bagi kaum wanita. Beliau mati-matian berjuang demi ada nya kesetaraan tersebut, hingga pada jaman sekarang dapat dilihat ada berbagai kaum wanita  yang sukses di bidang nya. Perempuan jaman sekarang dapat  menggantikan posisi kaum pria pada bidang yang digeluti nya, dalam pendidikan, perkerjaan, dan dalam urusan rumah tangga. Para wanita Indonesia yang cerdas dan tidak lagi bergantung pada para pria, semua ini berasal dari perjuangan Sang Kartini yang tulus dan pantang menyerah yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Hari Kartini yang diperingati pada bulan April tepat nya tanggal 21 juga merupakan hari ulang tahun R.A Kartini, kendati dalam merayakan hari special ini, kami Mahasiswa FIKom memaknai hari special ini secara berbeda – beda. Mungkin ada yang menjalankan acara hari kartini, atau mungkin lebih tepat nya menjadi ‘Kartini’ bagi diri nya dan sekitar nya. Menjadi seorang ‘Kartini’ bagi diri sendiri dan orang lain tentu tidak hanya dijalankan pada saat hari special ini saja tetapi setiap hari nya, bukan maksud berjuang saat masa peperangan dahulu dengan bambu runcing, tetapi lebih tepat nya ‘berperang’ bagi masa depan yang lebih baik. Menjadi ‘Kartini’ bagi diri sendiri mungkin lebih mudah ketimbang bagi orang lain, karena jika menyangkut orang lain mungkin perjuangan akan lebih sulit tetapi dengan ada nya rasa keperdulian antar sesama dan gotong royong semua nya dapat dilakukan dengan mudah.

Jadikan semangat Kartini untuk mejalankan kehidupan sehari – hari untuk menjadikan masa depan yang lebih baik untuk kita semua dan khusus nya bagi kaum wanita yang terus mengejar kesetaraan tersebut. Wanita yang kuat, mandiri, dan berani. MAJU TERUS WANITA INDONESIA, SELAMAT HARI KARTINI. (ML)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018