Generasi Muda dan Media Baru
Sabtu, 23 April 2016

Kamis (21/4/2016) Fikom Untar mengadakan Kuliah Umum tentang "Generasi Muda dan Media Baru"  bersama Bapak Irfan Junaidi wakil pemimpin redaksi harian republika.

Kemajuan teknologi komunikasi telah merevolusi cara manusia berinteraksi dengan sesama. Tak pernah terbayangkan sebelumnya hanya dengan sebuah benda kecil dalam genggaman tangan kita dapat melakukan banyak hal yang dulu dilakukan secara terpisah dengan alat yang berbeda. Kita sekarang dapat berkirim pesan, gambar, dan video dengan mudah dan cepat. Menjual dan membeli barang tanpa perlu datang ke toko, dan masih banyak lagi. Salah satu dampak kemajuan teknologi komunikasi adalah setiap orang dapat mengirim berita dan membaca berita dengan sangat cepat melalui media sosial.

Bapak Irfan Junaidi, wakil pemimpin redaksi harian republika, mengatakan bahwa "pesaing utama media massa saat ini bukan lagi sesama industri media, melainkan media sosial. Media sosial telah mengubah cara manusia mencari dan memperoleh informasi yang mereka butuhkan". Teks dan grafik telah merajai isi media saat ini apapun platformnya. Setiap kita dapat menjadi penyebar informasi bahkan pemilik usaha.

Menghadapi kenyataan ini media massa kemudian membentuk satu unit tersendiri yang khusus menangani media sosial. Unit khusus ini bertugas menganalisa apa yang menjadi trend di media sosial untuk diangkat menjadi berita. Media massa harus membangun networking dengan media sosial dan bekerjasama dengan mereka

Kuliah umum kali ini mengambil tema "Generasi muda dan Media Baru" sebagai bagian dari materi kuliah Cyber PR yang diampu oleh ibu Lusia Savitri S.sos., M.Si., Ibu Septia Winduwati S.sos., M.Si, dan bpk. h.h. Daniel Tamburian S.sos., M.Si sebagai koordinator mata kuliah.
Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018