Pelatihan Press Release, Mempertajam Kemampuan Menulis
Senin, 05 Oktober 2020

 

Kata press itu sendiri memang akrab di telinga kita, tetapi bagaimana dengan kata press release? Menurut Forbes, sederhananya, press release adalah alat yang digunakan untuk publikasi, atau dengan kata lain adalah alat untuk menyampaikan informasi kepada publik. Dilansir dari Glints, press release biasanya tidak panjang, hanya satu sampai dua halaman saja. Isinya harus komprehensif, sehingga media yang kelak memberitakannya bisa mendapatkan informasi yang tepat dan lengkap.


PRO adalah salah satu UKMF di Untar yang berfokus pada bidang Public Relations. PRO sendiri memiliki 4 divisi, salah satunya adalah Press Release. Divisi ini bekerja dalam kegiatan menulis seperti menyusun naskah berita dan press release acara. Pada tanggal 29 September 2020 lalu, PRO mengadakan training internal press release untuk para anggotanya, yang diajarkan oleh ketua dan wakil divisi tersebut, yaitu Bernica Irnadianis dan Fiqi Aqielah.


Di dalam training ini, anggota PRO belajar mengenai bagaimana cara menulis press release yang baik dan benar. Mulai dari menjelaskan bagaimana menyusun press release yang berisi fakta, mengandung elemen berita 5W+1H, hingga berbagai contoh terkait.


Fiqi berpendapat, “Menurut saya, training internal press release ini sangat penting untuk diadakan karena kita akan belajar dan mengetahui bagaimana cara menyusun press release yang baik dan benar. Hal ini akan berguna di masa depan bagi mahasiswa Fikom Untar, khususnya yang mengambil jurusan Public Relations.”


“Tentu saja, hal yang harus ada di dalam sebuah release adalah penulisan yang baik dan penyusunan kalimat yang tepat. Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini, ilmu tersebut dapat bermanfaat ke depannya untuk teman-teman yang mengikuti acara ini,” ujar Bernica. (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018