Florencia Angel: Luapkan Ide, Jadikan Nyata, dan Tidak Berhenti Belajar
Rabu, 18 November 2020

  

 

Mendengar kata aktif, tentunya sangat identik dengan anak muda. Selain aktif, kreatif, dan selalu up-to-date juga sangat menggambarkan mereka. Melihat hal ini, tentu tidak aneh jika meskipun sedang pandemi, para mahasiswa Fikom Untar juga aktif dalam rangkaian kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Salah satunya adalah Florencia Angel. Ia merupakan Ketua Pelaksana dari kegiatan COVIC 2020 (Communication Virtual Competition 2020). Kegiatan ini merupakan tajuk dari proker perdana BEM Fikom Untar yaitu Communication Week 2020, yang merupakan sebuah ajang berisikan kompetisi untuk Mahasiswa Internal Fikom Untar (Fotografi, Infografis, Opini, dan Fikom Idol (untuk kesenian)), lalu ada SMA/K se-Indonesia (Menyanyi Solo, Menari Solo, Poster, Fotografi, dan Vlogging), dan juga ada pertandingan e-sport (Mobile Legend, PUBG) untuk kategori umum.
 
Menurut Angel, pengalaman yang didapatkan bak roller coaster. “Menyenangkan sekaligus banyak tekanan. Tapi inilah pengalaman, belajar belajar belajar, melakukan yang terbaik, memberikan yang terbaik. Persiapannya juga panjang, 1,5 bulan kurang lebih persiapannya dan kegiatan berakhir dalam 3 hari.”
 
“Tapi puas dengan semua panitia yang bilang banyak belajar dan senang berkecimpung di acara ini, banyak peserta yang juga senang dengan adanya kegiatan ini apalagi diadakan secara daring, dan lika-liku yang bikin banyak belajar bahwa membuat sesuatu yang besar butuh perjuangan yang lebih besar,” lanjutnya.
 
Selain itu, baginya tidak mudah juga menjadi pemimpin terutama pada saat membawa banyak kepala menuju satu tujuan yang sama, membimbing panitia yang mungkin baru belajar, dan juga dirinya sendiri yang harus memposisikan diri secara bijaksana dengan membedakan kapan menjadi teman dan kapan menjadi seorang pemimpin.
 
Pada akhir wawancara, ia berpesan, “Jangan ragu untuk berkarya. Bagaimanapun kondisi saat ini, berkarya tidak boleh sampai dilupakan, luapkan semua ide, gagasan, dan kemampuan tanpa batas. Generasi muda mampu melihat peluang, ada kegiatan seperti ini, lebih baik jangan dilewatkan.”
 
“Seluruh peserta Covic20 sudah menjadi buktinya, bahwa berkarya di kala pandemi yang penuh dengan perubahan tetap bisa mereka laksanakan, banyak karya menarik dan luar biasa yang dikirimkan... Sayangnya memang hanya bisa memilih juara 1 2 3.... Jika bisa memilih lebih dari itu atau bahkan menjuarakan semuanya aku mau memberikan juara kepada semua karya.”
 
“Tapi gak apa-apa, teman teman yang sudah menang di kegiatan ini jangan mudah puas dan terus berkarya, yang belum menang, banyak cara untuk meningkatkan skill dan aku yakin di kesempatan lain, kalian bisa menjadi pemenang! Semoga acara ini bisa dijadikan pembelajaran untuk membuat program kerja yang semakin terkemuka ke depannya.” (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018