Menempuh Semester Baru dengan Semangat Baru
Senin, 08 Februari 2021


Semester baru perkuliahan biasanya membawa semangat baru bagi seorang mahasiswa. Terlebih lagi, mata kuliah baru pada kurikulum Kampus Merdeka akan menimbulkan rasa penasaran dan ingin segera mempelajarinya. Indeks Prestasi (IP) semester sebelumnya juga akan menjadi pemicu untuk segera dapat memperbaikinya di semester selanjutnya. Agar lebih semangat lagi menyambut semester baru ini, kalian dapat menyimak 4 tips di bawah ini.

 

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Dari awal perkuliahan, manfaatkan waktu sebaik mungkin karena semakin naiknya semestermu, maka bertambah sulit pula dan skill yang dimiliki pun juga butuh dikembangkan. Oleh karena itu, jangan menunda-nunda pekerjaan dan menghabiskan waktu dengan sia-sia karena kebiasaan dibentuk dari kegiatan sehari-hari.

 

Tentukan Target
Ini tidak kalah penting dan melengkapi tips di atas. Tentukan target atau goals agar waktu kamu tidak berlalu dengan begitu saja. Kalian bisa memulainya dengan menulis di kertas, dan tempel di dinding kamar ataupun meja belajar, agar kamu selalu ingat dengan tujuan yang ingin kamu capai. 

 

Belajar dari Kesalahan Masa Lalu
Kalau semester lalu rasanya kurang produktif, yuk perbaiki di semester ini! Ubah kebiasaan buruk dengan memperbaikinya agar tidak menyesal di kemudian hari. Membuat kesalahan memang hal yang wajar, tetapi mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan merupakan hal yang tidak baik untuk perkembangan diri kamu.

 

Mencari Motivasi Agar Tetap Semangat
Sudah menentukan target di awal semester, tapi mulai kendor menuju akhir semester? Kalian bisa menghindari hal ini dengan mencari motivasi, bisa melalui cerita hidup orang-orang sukses, membaca buku pengembangan diri, ataupun mencari nasehat kepada orang terdekat kamu. Jaga terus semangatnya ya!

 

Ini dia 4 tips untuk menghadapi semester baru dengan semangat. Pada akhirnya semua ada di tanganmu dan keputusan untuk mengakhiri semester ini dengan baik juga di bawah kendalimu. Selamat berjuang dan jangan lupa untuk menikmati prosesnya ya! (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018