4 Cara Mencintai Diri Sendiri Sepenuhnya
Minggu, 14 Februari 2021

 

"Anda tidak membutuhkan orang lain, tempat, atau benda untuk membuat Anda utuh," said Maya Angelou, Penyair asal Amerika.

 

Banyak yang meremehkan proses mencintai diri sendiri. Padahal dengan mencintai diri sendiri, kita dapat berkembang melebihi potensi yang dimiliki. Apalagi dalam merayakan Hari Kasih Sayang, mencintai diri sendiri bukan berarti egois, bahkan tidak memikirkan kepentingan orang lain.

 

Banyak psikolog sepakat bahwa mencintai dan dicintai sangat penting untuk memperoleh kebahagiaan. Banyak studi juga menunjukkan bahwa mencintai diri sendiri (self-love) adalah salah satu kunci bagi kesehatan mental. Lalu bagaimana caranya? Simak 4 tips berikut ini.
 

Luangkan Waktu
Cara pertama untuk lebih mencintai diri sendiri adalah dengan meluangkan waktu untuk dirimu. Waktu ini bisa diisi dengan hobi, pengembangan diri, atau sekedar istirahat dari kegiatan padat di sepanjang hari. Anggap waktu itu sebagai hadiah untuk diri kalian sendiri atas kerja keras yang kalian lakukan.

 

Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Jangan membandingkan prestasi orang lain dengan proses yang sedang kalian hadapi, karena di balik segudang prestasi seseorang, ada konsistensi dan proses panjang yang tidak terlihat.

 

Hargai Penampilanmu
Mungkin sulit bagi kita untuk tidak membandingkan penampilan diri dengan orang lain. Kalian bisa memulai membangun pola pikir body positivity melalui cerita-cerita orang lain atau membangun hubungan dengan komunitas yang membangun pikiran positif. Dengan demikian, perlahan-lahan kamu pasti bisa lebih percaya diri lagi.

 

Bersyukur
Ucapkan satu hal yang kamu syukuri setiap harinya akan menunjukkan bahwa apa yang kamu miliki, meskipun tidak sempurna, namun cukup untuk anda sendiri. Dengan bersyukur, mata kita akan lebih terbuka dengan segala hal yang dimiliki dan lebih menghargai situasi yang dihadapi sekarang. (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018