Tips Sukses Presentasi Online
Rabu, 07 April 2021

 

Presentasi daring kini telah menjadi makanan sehari-hari para mahasiswa di berbagai belahan dunia. Meskipun tidak harus berhadapan dengan audiens yang banyak, tetapi presentasi online juga dapat terasa canggung karena tidak dapat melihat reaksi para khalayaknya. Nah, untuk menghindari perasaan tersebut, ikuti tips-tips ini!

 

Slide Presentasi Harus Menarik

Penampilan visual dari sebuah presentasi sangat menentukan kesuksesan dari presentasi kamu! Pilihlah warna dan template presentasi yang cocok dengan topik yang akan dibawa. Selain itu, hindari teks yang panjang karena akan membuat para khalayak bosan. Tampilkan poin-poin yang penting saja di slide dan dengan bahasa yang mudah dipahami ya.

 

Koneksi Internet yang Lancar

Hal ini sangat perlu diperhatikan agar materi yang kamu sampaikan tidak terganggu dan penyampaian pesannya juga on point. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, silahkan dicek dahulu koneksi internetnya 30 menit sebelum presentasi dilakukan ya.

 

Perhatikan Penampilanmu

Walau presentasinya secara online dan di rumah, tetapi tetap harus diperhatikan penampilan kamu. Selain mengubah mood, kamu juga akan lebih enak dipandang oleh para audiens. Pastikan memakai pakaian yang sesuai dan rambut yang tertata rapih juga ya.

 

Mainkan Ekspresi Wajah

Percaya tidak percaya, ekspresi wajah dapat memberikan efek ke nada bicara kamu. Selain itu, karena hanya wajah kita yang dapat diperhatikan oleh audiens, maka sangat penting untuk menampilkan raut wajah yang positif selama presentasi berlangsung.

 

Ini dia empat tips agar sukses saat presentasi online. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kalian ya! (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018