Kuliah Online dari Perspektif Mahasiswa
Rabu, 14 April 2021

 

Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai bidang kehidupan, termasuk kegiatan pendidikan. Fikom Untar perlu beradaptasi dari pembelajaran tatap muka menjadi online learning. Selama lebih dari setahun menjalani kegiatan perkuliahan secara daring, ada beberapa kesan yang dirasakan oleh beberapa mahasiswa Fikom Untar. 

 

Nicholas Rijako berkata, “Kesibukan saya selama di rumah sekarang kebanyakan untuk pekerjaan sebagai Social Media Manager dan juga menghabiskan waktu untuk tugas-tugas akademik. Ketika pandemi, perbedaan yang paling dirasakan adalah interaksi antar dosen dan mahasiswa. Karena situasi ini juga, memaksa kita untuk lebih dinamis dan cepat beradaptasi atas perubahan yang terjadi.”

 

“Selain kuliah secara online, karena sekarang sedang berada di semester 6, aku juga sedang magang di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang travel. Selama kuliah online, ada beberapa mata kuliah yang lebih susah untuk dimengerti. Mungkin karena yang seharusnya diadakan secara praktik, diubah menjadi teori saja,” ungkap Vivi Arviany.

 

“Selama kuliah online ini, salah satu hobi baru yang aku jalani adalah bullet journaling. Hobi baru ini membantu aku untuk menjadi lebih terorganisir dan lebih mengenal diriku sendiri. Selain itu, kuliah online membutuhkan tenaga ekstra untuk mengerti satu sama lain tetapi menurutku situasi ini justru menantang kita untuk beradaptasi dan mengenal diri lebih dalam lagi,” kata Alyssa Chiara.

 

Dinamika kuliah online memang penuh dengan suka dan juga duka yang mengiringi. Akan tetapi keadaan ini tidak membatasi mahasiswa untuk terus berkembang dan bereksplorasi. Lebih lengkapnya tentang Kuliah Online dari Perspektif Mahasiswa dapat kamu saksikan di YouTube Official Fikom Untar pada tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=PxtrOi710_A (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018