Membentuk Personal Branding di Lingkungan Kerja
Sabtu, 15 Mei 2021

 

Personal branding sangat penting dalam dunia kerja karena ada banyak manfaat yang didapat bagi pengembangan kompetensi dan karir kita,” tulis Oranye, UKMF Fikom Untar melalui akun Instagramnya.

 

Persaingan yang ketat di dunia kerja sehingga hanya skill saja tidak cukup, personal branding menjadi salah satu aspek yang diperhatikan. Ketika seseorang dipandang secara positif oleh rekan kerja lainnya, maka hal itu dapat berpengaruh kepada bagaimana ia akan diperlakukan pula. Berikut ini cara-cara untuk membentuk personal branding di lingkungan kerja:

 

Tonjolkan Kemampuanmu

Setiap orang memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan orang lain. Bukan hanya kemampuan akademik, tetapi kecerdasan emosional juga bisa menjadi bagian dari kemampuan diri.

 

Perhatikan Hal-Hal Kecil

Memperhatikan hal yang mikro juga memegang peranan penting dalam membentuk personal branding kamu secara utuh, seperti melalui tutur kata yang sopan, memperhatikan cara berpakaian, karakter kepribadian, dan lainnya. Hal ini berdampak besar dan membantu kamu dalam membentuk personal branding.

 

Minta Pendapat Rekan Kerja

Selain mengenali kemampuan diri, hal yang juga tidak kalah penting adalah meminta pendapat rekan kerja mengenai kelebihan yang kamu miliki. Jika memang kamu mendapatkan kritik, jangan lupa untuk introspeksi diri dan mengembang kekuranganmu.

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018