Ragam Prospek Kerja Jurusan Periklanan
Minggu, 23 Mei 2021

 

Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang mendasari segala lini kehidupan, mulai dari cara berkomunikasi hingga berinteraksi baik secara verbal maupun nonverbal. Para mahasiswa yang belajar di fakultas ini memiliki kesempatan yang sangat luas ketika memasuki dunia pekerjaan ke depannya. 

 

Selain peminatan Jurnalistik dan Public Relations yang ada di Fikom Untar, jurusan Periklanan mempunyai prospek kerja yang menjanjikan, berikut ini adalah informasinya:

 

Strategic Planner

Strategic Planner adalah seorang yang menciptakan suatu ide untuk menjalankan sebuah promo atau strategi pemasaran. Biasanya, seorang Startegic Planner langsung berdiskusi dengan klien untuk sebuah proyek.

 

Digital Media Planner

Dilansir dari glints.com, Digital Media Planner adalah seseorang yang merencanakan, bernegosiasi, dan memastikan sebuah kampanye perusahaan diletakkan pada media digital yang tepat dengan cara paling efisien. Di beberapa perusahaan, karir ini juga dikenal sebagai Brand Planner atau Brand Strategist.

 

Copywriter

Jika kamu pandai dan senang menulis, Copywriter dapat menjadi profesi yang cocok untuk kamu. Dilansir oleh Digital Marketer, copywriting adalah aktivitas atau pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas. Namun, tidak semua pekerjaan copywriter berhubungan dengan iklan. Ada juga copywriter yang menulis konten berita dengan tujuan memberi informasi saja.

 

Social Media Manager

Dengan berkembangnya dunia media sosial, sudah pasti banyak perusahaan merekrut orang-orang untuk menangani akun media sosialnya. Pekerjaan ini bertugas untuk memonitor, mengeksekusi, menyaring, dan menyunting konten yang akan ditayangkan di akun media sosial sebuah perusahaan.

 

Selain empat prospek kerja di atas, tentu saja masih banyak profesi lainnya yang dapat ditekuni oleh para lulusan penjurusan Periklanan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018