Belajar Bahasa Isyarat, Mengenal Budaya Teman Tuli
Selasa, 22 Juni 2021

  

 

Fikom Untar telah mengadakan Webinar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) bersama Co-Founder dan Chief Brand Officer Silang, Bagja Prawira, dalam rangka Dies Natalis ke-15 Fikom Untar. Dalam webinar ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih dekat budaya teman tuli, penggunaan bahasa isyarat, serta mempelajari dasar-dasar BISINDO.

 

“Kita membangun Silang karena melihat ada masalah. Banyak masyarakat masih punya stigma dan belum ada kesadaran tentang cara berkomunikasi dengan teman-teman tuli. Banyak kasus diskrimasi yang terjadi. Pada awal penyebaran Covid-19, banyak teman-teman tuli yang tidak paham dan akses informasinya terbatas hingga tertinggal,” ungkap Bagja Prawira yang diterjemahkan oleh Putri Hanitami, selaku Perwakilan Silang dan Juru Bahasa Isyarat.

 

Pada akhir Webinar, Bagja berpesan untuk terus belajar bahasa isyarat karena hal ini sangat membantu teman-teman tuli untuk lebih terbuka dengan sekelilingnya. Silang sendiri merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli dan teman dengar.

 

Fikom Untar berharap dengan diadakannya webinar ini peserta tidak hanya belajar bahasa isyarat saja, melainkan mengerti dan mengenal budaya teman tuli. Agar ke depannya kita dapat berinteraksi secara tepat dengan teman tuli dan menjadi Fikom Untar yang lebih humanis. (CA)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018