Penulisan Artikel Jurnalistik yang Bertanggung Jawab dan Berkualitas
Jumat, 01 Oktober 2021

 

Bukan hanya harus mampu mencari informasi yang aktual dan faktual, seorang jurnalis juga harus mampu menulis artikel yang menarik dan berkualitas. Hal tersebut bukan hanya sekedar menulis, tetapi ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk mampu menulis artikel jurnalistik yang baik. Yuk, simak tips-tips di bawah ini!

 

Patuhi Kode Etik Jurnalistik

Hal pertama dan yang paling utama adalah memenuhi kaidah kode etik jurnalistik dalam setiap prosesnya, hal ini termasuk peliputan, penulisan, dan penyebarluasan berita. Kode etik jurnalistik ini merupaan kumpulan prinsip moral yang wajib dipatuhi oleh para jurnalis. 

 

Informatif dan Komunikatif

Artikel jurnalistik harus dituliskan secara informatif dan dapat memberi pengetahuan baru kepada pembaca. Isi artikel tidak bertele-tele, melainkan langsung pada poin atau inti berita. Kalimat yang bertele-tele akan membuat pembaca merasa bosan dan beranggapan bahwa  tulisan tersebut tidaklah penting.

 

Logis

Jurnalis yang baik harus mampu menulis artikel yang logis dan masuk nalar. Alasannya adalah agar pembaca juga mampu memahami setiap kalian dengan mudah tanpa adanya mispersepsi atau salah penanggapan.

 

Akurasi

Menulis artikel yang baik harus memperhatikan akurasi, artinya tulisan yang dibuat dan akan disebar ke khalayak harus sesuai dengan fakta dan dapat dipertanggungjawabkan.  Penulisan artikel harus hati-hati, jelas sumbernya, dan jangan sampai menjadi berita bohong atau hoax.

 

Artikel yang baik tidak tercipta secara instan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu mempraktikkan 4 tips di atas agar tulisanmu dapat sesuai dengan standar, informatif, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Yuk, belajar dan mulai membuat karya yang berkualitas! (VY)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018