Pentingnya Literasi Finansial bagi Mahasiswa
Minggu, 10 Oktober 2021

 

Salah satu visi dan misi Fikom Untar adalah menghasilkan lulusan yang memiliki nilai humanisme. Dalam rangka mewujudkan nilai tersebut, Fikom Untar mengadakan mata kuliah Pengabdian Bidang Komunikasi.

 

Pada Sabtu, 9 Oktober 2021, salah satu kelas pada mata kuliah tersebut mengadakan webinar yang bertemakan “Make a Life with Financial Literation”. Webinar ini mengundang Sadrakh Calvin Howard yang merupakan Founder Inceptor Community, Co-Founder United by Vision, dan Risk Manager Allianz Indonesia.

 

“Kita bisa mendapatkan pelajaran tentang bagaimana menginvestasikan masa depan, bahwa kita hidup tidak hari ini saja, tetapi juga untuk masa depan. Semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk semua,” kata sambutan dari Dr. Anto Sudarto, S.T., M.Si, selaku dosen Fikom Untar.

 

Webinar ini diawali dengan membahas bagaimana seharusnya waktu digunakan. Sadrakh berkata, “Kita anak muda, kita punya banyak waktu, time management harus bagus, waktumu perlu digunakan dengan tepat, jangan menghabiskan semua waktu kita untuk bersantai, kita perlu self-free world dan istirahat. Kita harus pintar mengelola waktu, gunakan waktu kita untuk upgrade skill dan belajar.” 

 

Tidak hanya membahas hubungan waktu dan keuangan, webinar ini banyak membahas tentang perencanaan keuangan yang baik, manajemen hutang, menghitung dana darurat, pengalokasian income, dan lainnya.

 

“Kita harus bisa mengalokasikan keuangan kita pada kantong yang tepat, seperti biaya hidup dan kewajiban, kantong investasi, dan kantong dana darurat. Secara garis besar, ada yang namanya budget rule yang dapat membantu orang-orang pemula yang impulsif atau boros. Budget rule tersebut berupa membagikan 50% untuk kebutuhan hidup, 30% untuk dana darurat, dan 20% untuk investasi,” ucap Sadrakh tentang tips mengatur keuangan untuk pemula. (VY)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018