KNKH 2021: Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial
Rabu, 17 November 2021

 

Fikom Untar mengembangkan lulusan berdasarkan nilai humanis, entrepreneurship, profesionalisme, dan integritas. Kontribusi Fikom Untar dalam membangun pribadi yang berkualitas dilakukan salah satunya melalui Konferensi Nasional Komunikasi Humanis (KNKH).  KNKH tahun ini mengusung tema “ Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial” yang dilaksanakan pada 16-17 November 2021 melalui aplikasi Zoom.

 

Kegiatan yang dimoderatori oleh dosen Fikom Untar yaitu Diah Ayu Candraningrum, S.T., M.B.A., M.Si ini menghadirkan pembicara yang ahli pada bidangnya seperti Dr. Robertus Robert, MA (Sosiolog), Wendi “Wenz” Putranto (Co-Founder dan Program Director M Bloc Space, Pos Bloc, Mantan Jurnalis Rolling Stone Indonesia), dan Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si (Dosen Fikom Untar).

 

“Komunikasi humanis itu dibutuhkan untuk menegaskan, begitu manusia  menggunakan bahasa, di saat itulah manusia melepaskan diri dari sisi-sisi animalistas karena ketika ia menggunakan bahasa, ia berhenti menggunakan mekanisme hewaninya  yaitu kekerasan atau konflik,” ucap Dr. Robertus Robert, MA dalam sesi seminar.

 

Selanjutnya, KNKH tahun ini juga membahas tentang bagaimana anak muda dapat membawa perubahan, pembahasan ini dijelaskan langsung oleh Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si. Wulan berkata, "Kaum muda identik dengan usia, usia itu sebenarnya identik dengan penggambar pencarian identitas. Menurut saya, usia hanya angka, tidak bisa menjadi pembatasan dan penghalang, karena perlu diingat juga bahwa masa muda adalah masa yang cemerlang dan gemilang di suatu periode kehidupan, jadi terlalu sayang bila hanya diidentikkan dengan hal yang sifatnya labil.”

 

“Anak muda itu hidup dalam tekanan dan tradisi, tetapi justru dengan keterbatasan itu, mereka dapat hidup dengan penuh inovatif dan semakin berkembang,” tutup Diah Ayu Candraningrum, S.T., M.B.A., M.Si. pada sesi diskusi.

 

KNKH 2021 telah berlangsung dengan semarak pada tahun ini. Dilengkapi dengan penampilan lagu dari mahasiswa Fikom Untar yaitu Florencia Angel, Fikom Untar terus membuka peluang bagi anak muda untuk terus berkontribusi dalam menciptakan perubahan sosial yang berdampak positif bagi bangsa. (VY)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018