Pentingnya Komunikasi di Era Industri 4.0 versi Suzy Azeharie, Dosen Fikom Untar
Minggu, 09 Januari 2022

 

Tidak hanya berbagi ilmu kepada mahasiswa/i Fikom Untar, dosen-dosen Fikom Untar juga turut aktif menjadi pembicara melalui kegiatan webinar di luar kampus. Salah satunya adalah Dra. Suzy S. Azeharie, MA., M.Phil yang membagikan ilmu di Tri Bhakti Business School.

 

Melalui diadakannya pelatihan soft skill leadership and communication skill, Suzy berkesempatan untuk membagikan materi pentingnya skill komunikasi di era industri 4.0 yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 Januari 2022 melalui aplikasi Zoom.

 

Materi yang disampaikan adalah mengenai teknologi yang selalu berkembang dan mulai menggantikan pekerjaan manusia, berbagai jenis komunikasi, dan faktor penentu bahwa suatu komunikasi sudah baik.

 

“Belajar untuk mengurangi subjektivitas ketika melakukan komunikasi antar persona. Misalnya dengan tidak berfokus pada frame of reference dan field of reference yang kita miliki, karena hal-hal tersebut belum tentu tepat,” ujar Suzy.

 

Tidak hanya menjelaskan teori, tetapi Suzy juga memberikan contoh pada setiap pemaparan yang ia sampaikan. Ia berkata,”Memberikan respons yang positif ketika kita sedang berkomunikasi, misalnya dengan tidak menguap ketika orang sedang berbicara dengan kita.”

 

Ia juga menyampaikan bahwa setiap individu perlu memahami bahwa komunikasi nonverbal memiliki peran yang penting dalam proses komunikasi. Alasannya adalah karena komunikasi nonverbal sangatlah jujur dan tidak dapat dipalsukan dengan mudah.

 

Melalui materi yang sudah disampaikan, ada beberapa faktor yang dapat dikatakan bahwa komunikasi sudah berjalan baik bila mitra mendengar, memahami, menyetujui, dan bertindak. (VY)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018