#FikomAsikBerkarya: Kisah Viola Graciela Menggapai Mimpi di Dunia Entertainment
Minggu, 24 Juli 2022

 

Viola Graciela, mahasiswi Fikom Untar angkatan 20 menggeluti dunia modelling dari usia 16 tahun. Sejak SD, Viola memiliki keinginan untuk berkarier di dunia entertainment. Namun, hal tersebut tidak disetujui dan tidak difasilitasi oleh kedua orangtuanya. Memasuki SMA, keinginannya untuk menggapai mimpi masih cukup kuat. Viola mencari jalan sendiri menuju dunia entertainment melalui modelling school di Semarang.

 

Berbekal pengalaman modelling school selama 1 bulan, Viola sudah mendapatkan first job dan dari sini lah kariernya dimulai. Prestasi paling besar yang menjadi batu loncatan untuk berkarier di Jakarta adalah ketika Viola berhasil terpilih menjadi salah satu dari 6 finalis perempuan yang maju ke karantina Jakarta Fashion Week (JFW) Model Search 2020. Selain itu, Viola juga berhasil memenangkan lomba pemilihan Brand Ambassador sebuah e-commercedi Jakarta. 

 

Selain berkarya dan bersinar di industri ini, Viola mengutarakan bahwa motivasinya untuk terus menggeluti dunia modelling adalah karena ingin memecahkan stigma buruk tentang modelkhususnya di mata kedua orangtuanya. 

 

Dari dulu, aku tidak pernah diperbolehkan masuk ke dunia entertainment karena adanya anggapan yang buruk tentang dunia entertainment, seperti dunia gelapstar syndrome, rusakdan kurang baik untuk anak perempuanDi sini aku ingin membuktikan bahwa aku bisa berkarier secara profesional tanpa mengorbankan nilai moral dari keluargaku dan tetap menjaga diriku tetap di jalan yang benar,” jelasnya. 

 

Di dunia modelling, Viola menemukan teman-teman yang baik dan saling mendukung sama lain, sehingga keberhasilan dan pencapaian orang-orang di sekitarnya menjadi motivasi untuk terus berkarya. Selain itu, salah satu alasan utama Viola menggeluti dunia modelling hingga saat ini adalah karena ingin berkesempatan menjadifinancially independent.

 

Viola pun memiliki mindset untuk selalu bersyukur atas apapun yang sudah dilakukan, diperjuangkan, dan didapatkan. “Karena kalau di kilas balik untuk sampai ke titik ini, aku sudah melakukan banyak usaha dan perjuangan. Tidak bijak jika aku terlena dan menganggap remeh atas apa yang sudah aku lakukan. Aku juga selalu berusaha untuk tidak mudah berpuas diri, masih terus berusaha melihat peluang, terus belajar, dan terus berusaha menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya. 

 

Viola berpesan kepada teman-teman Fikom Untar untuk terus berusaha menggapai mimpi. Jangan takut untuk mencoba dan jangan menyerah jika ada tantangan. Apabila keinginan sudah tercapaijangan mudah berpuas diri karena di atas langit masih ada langit. Bahkan lebih baik jika dapat membantu dan menggandeng orang-orang di sekitar untuk menggapai mimpi mereka. (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018