Fikom Untar Peduli Penyandang Disabilitas Intelektual Bersama KPDS
Senin, 01 Agustus 2022

 

Dalam rangka memperingati hari Anak Nasional 2022, Komunitas Peduli Down Syndrome (KPDS) mengadakan webinar “Bijak Berkomunikasi dan Berinteraksi di Dunia Maya bagi Penyandang Disabilitas Intelektual” pada Sabtu, 30 Juli 2022. 

 

Pembicara dalam kegiatan ini adalah dosen Fikom Untar, Roswita Oktavianti, S.Sos., M.Si. Adapun materi yang disampaikan berkaitan dengan persiapan yang dibutuhkan dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dunia digital, khususnya bagi para penyandang disabilitas intelektual. 

 

KPDS menghadirkan Meiske Y. Suparman, M.Psi sebagai Ketua Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar sekaligus dosen Psikologi Untar, Anita Ratnasari sebagai pengurus, Dr. Iskandar Z. Adisapoetra, M.Sc sebagai moderator, dan lain-lain. Sedangkan, Fikom Untar menghadirkan satu orang dosen sebagai pembicara serta dua orang mahasiswi, yaitu Ancilla Kyra dan Serena Emerald. 

 

Roswita mengatakan bahwa saat ini kita memiliki dua dunia, dunia nyata dan dunia maya. Seseorang yang memiliki karakter baik di dunia nyata, belum tentu memiliki karakter yang baik juga di dunia maya, dan juga sebaliknya. 

 

“Berhati-hatilah mengunggah status atau foto di media sosial karena yang teman-teman tampilkan merupakan karakter teman-teman. Kalau bisa kita memiliki karakter yang baik di dunia nyata maupun dunia maya,” pesan Roswita. 

 

Dr. Iskandar Z. Adisapoetra, M.Sc. sebagai moderator menanggapi bahwa pemaparan yang disampaikan oleh Roswita luar biasa. 

 

“Semoga informasi dan edukasi ini dapat diterima dan menjadi manfaat bagi keluarga besar KPDS. Terus terang, menurut saya, informasi ini tidak hanya untuk anak-anak kita, tetapi untuk kita juga,” pungkasnya. (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018