Berisik dan Menantang, Dua Kata yang Menggambarkan Permainan Lato-lato
Jumat, 13 Januari 2023

 

Fikomers, apakah kamu salah satu penggemar mainan lato-lato?

 

Saat ini lato-lato sedang menjadi tren di kalangan anak muda di Indonesia. Lato-lato merupakan permainan berbentuk dua bola yang dihubungkan seutas tali dan terdapat cincin yang digunakan untuk memegang atau menggerakkan dua bola plastik sehingga menghasilkan suara khas tek tek tek

 

Sebelumnya lato-lato sudah populer sejak tahun 60an dan 70an di Eropa dan Amerika. Adanya pengaruh globalisasi dan peran media sosial permainan ini kembali populer di Indonesia pada akhir tahun 2022. 

 

Mahasiswi Fikom Untar ‘21 Angel Yunisari juga turut ikut meramaikan tren lato-lato. Rasa penasaran Yuni berawal dari rasa kesal karena suara bising di sekitar rumah dan pengaruh media sosial. “Main lato-lato ternyata seru karena bisa terbilang sulit. Ada rasa tertantang untuk bisa jago seperti orang-orang di sekitar,” serunya. 

 

Selain itu, Yuni menambahkan bagian paling seru dari memainkan lato-lato adalah ketika berhasil membunyikan suara tek tek tek dalam waktu yang cukup lama. “Di situ seperti ada rasa bangga karena seperti yang dikatakan orang-orang kalau main lato-lato di awal main memang susah untuk bisa menghasilkan bunyi yang lama,” ucapnya. 

 

Dosen Fikom Untar Lydia Irena, S.I.Kom., M.Si juga memberikan tanggapan terhadap fenomena tren lato-lato. Menurutnya, lato-lato menjadi permainan terbaru dan cukup menarik di berbagai kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa muda.

 

“Banyak orang tertantang untuk menaklukan permainan ini dan bahkan ada juga yang berkompetisi di beberapa daerah di tanah air,” jelasnya. Tren lato-lato tak elak semakin ramai karena adanya proses sharing di media sosial, platform yang memungkinkan sebuah informasi ataupun berita terdifusi dengan sangat cepat dan luas.

 

Lydia juga menyampaikan permainan lato-lato menjadi menarik karena dapat menjadi sebuah wadah di mana anak-anak bisa bersosialisasi setelah pandemi berlalu, mulai dari main bersama, sampai mengajarkan cara bermainnya satu sama lain.

 

Menurut Fikomers, hal apa yang menarik dari permainan lato-lato? (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018