Telaah Resolusi Keuangan 2023 Bersama Ancilla Kyra dan Danacita
Minggu, 15 Januari 2023

 

Sebagai mahasiswa pastinya kita memiliki keinginan untuk memiliki penghasilan sendiri, entah sebagai sumber pemasukan utama atau sekadar tambahan uang jajan. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengambil pekerjaan part time atau freelance, mengikuti program magang, membangun bisnis, dan lain-lain. 

 

Momen tahun baru pun tak elak dapat dimanfaatkan untuk membuat gol-gol baru terkait keuanganmu atau yang sering disebut sebagai financial resolution. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

 

Mahasiswi Fikom Untar ‘20 Ancilla Kyra bersama Partnerships Senior Associate Danacita Desinta Laras berbagi sudut pandang tentang Financial Resolution 2023 dalam Live Instagram @danacita_id pada Jumat, 13 Januari 2023. 

 

Sebagai mahasiswa, Kyra memberikan pendapat mengenai pentingnya menjaga kestabilan keuangan.  “Kalau keuangan kita stabil rasanya nyaman menjalani hari-hari karena kebutuhan primer dan kebutuhan pribadi dapat terpenuhi. Bersyukur kalau masih ada budget lebih untuk nongkrong, belanja, nonton konser, dan lain-lain,” jelasnya.  

 

Dalam penyampaiannya, Kyra dan Laras juga memberikan tips and trick dalam menyusun financial resolution khususnya untuk para mahasiswa dalam rangka mencapai kestabilan keuangan. 

 

Pertama, kita dapat mencari pemasukan tambahan melalui pekerjaan part time atau freelance, program magang, menjadi asisten dosen, memenangkan perlombaan berhadiah, dan lain-lain. 

 

Kedua, melakukan pencatatan pengeluaran. Hal ini dilakukan dalam rangka mengontrol biaya pengeluaran dan mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan setiap bulan

 

Ketiga, menentukan tujuan dan membuat rencana keuangan (budgeting). Memiliki tujuan keuangan membantu kita fokus untuk mengatur keuangan. Selain itu, melalui perencanaan kita dapat menentukan persentase pemasukan yang akan menjadi tabungan, kebutuhan sehari-sehari, dana darurat, dan lain-lain. 

 

Sebagai perempuan, Kyra juga tidak lepas dari kebiasaan berbelanja. Salah satu hal yang dilakukan untuk tetap berbelanja dan menjaga kestabilan keuangan adalah melakukan belanja online pada tanggal cantik. “Satu tips tambahan untuk teman-teman perempuan, kita harus menerapkan smart shopping. Salah satu cara yang aku gunakan adalah berbelanja online pada tanggal cantik karena banyak promo menarik. Tentu saja tetap direncanakan dan di-budgetkan ya supaya ga kebablasan” ujarnya.  

 

Selain itu, Laras menyampaikan tantangan dalam membuat financial resolution adalah memikirkan keuangan jangka panjang karena benefitnya tidak dapat dirasakan secara langsung dan instan. Oleh karena itu investasi juga dapat menjadi salah satu financial resolution di tahun 2023 ini. “Saat ini sudah banyak platform investasi digital. Salah satu indikator penting yang menjadi jaminan keamanan adalah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” jelasnya.

 

Jadi, apa financial resolution kamu tahun ini Fikomers? Semoga informasi-informasi di atas bermanfaat ya untuk kita semua! (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018