5 Peluang Kerja Kekinian Versi Anak Fikom
Jumat, 20 Januari 2023

 

Revolusi industri 4.0 mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini ditandai dengan kemunculan inovasi-inovasi baru di bidang teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saat ini, kita telah memasuki Era Society 5.0 yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan efektivitas kehidupan manusia melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan berbasis modern.

 

Dunia ilmu pengetahuan dan teknologi berhubungan erat dengan Ilmu Komunikasi. Melansir dari Kompas.com, Ketua Umum Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Pusat Muhammad Sulhan mengatakan Program Studi Ilmu Komunikasi mengalami peningkatan peminat dalam 10 tahun terakhir. Tentu saja hal ini merupakan dampak dari perkembangan zaman yang melahirkan tantangan profesi-profesi baru.

 

Ini dia 5 peluang kerja kekinian yang cocok untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi:

 

1. Social Media Specialist 

Seorang Social Media Specialist memiliki tanggung jawab untuk menganalisis tren, hashtag, dan analytics media sosial dalam rangka memperoleh referensi konten yang menarik dan mengetahui performa konten perusahaan. Selain itu, kamu juga akan bertanggungjawab untuk merencanakan dan memproduksi konten dalam bentuk foto atau video dalam rangka meningkatkan engagement dengan netizen. 

 

2. Key Opinion Leader (KOL) Specialist

Bidang pekerjaan ini memiliki fokus untuk meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan atau produk melalui hubungan kerja sama dengan public figure, seperti KOL, influencer, selebriti, dan agensi. Pekerjaan ini cocok untuk seseorang yang up to date dengan tren, teknologi, dan KOL. Kamu juga akan bertanggungjawab untuk membangun perencanaan dan meninjau konten KOL dalam rangka mengoptimalkan proses pemasaran. 

 

3. Brand Marketing

Seorang brand marketing memiliki tanggung jawab untuk membangun personal branding dan brand awareness sebuah produk atau perusahaan. Kamu harus memastikan konsistensi branding di setiap iklan dan kampanye serta memastikan merek tetap dapat dikenali, up to date, dan menarik bagi masyarakat. 

 

4. Digital Marketing

Bidang ini memiliki gambaran pekerjaan seputar Integrated Marketing Communication (IMC) yang akan melakukan kampanye pemasaran, melakukan evaluasi performance marketing di media sosial, serta mengukur dan mengoptimalkan kinerja kampanye menggunakan berbagai tools pemasaran online

 

5. Copywriter

Jika kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, pekerjaan Copywriter dapat menjadi pilihan yang cocok. Kamu akan menyusun penulisan konten yang akan diunggah di media sosial dan membuat caption untuk setiap postingan. Selain itu, kamu juga akan berpartisipasi dalam proses brainstorming, pembuatan storyboard, dan penyusunan script

 

Ilmu komunikasi merupakan hal yang dinamis sehingga akan terus berubah dari waktu ke waktu. Dukungan perkembangan teknologi dan informasi mendorong Ilmu Komunikasi untuk terus memiliki prospek besar di masa depan. Jadi, Fikomers harus memiliki kemampuan adaptasi dan semangat eksplorasi untuk mencapai karir yang cemerlang. Salam sukses! (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018