Rekomendasi Kegiatan Produktif Untuk Meningkatkan Kreativitas Fikomers
Selasa, 24 Januari 2023

 

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang, namun kita harus lebih cermat dalam membuat hari-hari kita menjadi lebih produktif. Karena tidak semua hal yang kita lakukan bisa disebut sebagi produktivitas, jangan-jangan hanya sebuah kesibukan belaka!

 

Menurut editor Pop Culture and Society John Spencer, terdapat beberapa perbedaan untuk memahami perbedaan sibuk dan produktif. Sibuk itu panik, sedangkan produktif itu fokus. Menjadi sibuk diatur oleh perfeksionismesementara menjadi produktif didorong oleh tujuan.

 

Menjadi sibuk adalah tentang bekerja lebih keras sementara menjadi produktif adalah tentang bekerja lebih cerdas. Menjadi sibuk adalah tentang menjadi baik dalam segala hal sementara menjadi produktif adalah tentang menjadi hebat dalam beberapa hal penting.

 

Berikut 3 kegiatan produktif yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi:

 

1. Kursus Public Speaking

Seni berbicara di depan umum merupakan salah satu hal yang dipelajari dan dibutuhkan dalam dunia Ilmu Komunikasi. Sebagai Fikomers kita perlu memiliki basic skill public speaking. Hal ini akan memberikan kamu peluang untuk menjadi seorang MC, moderator, presenter, dan lain-lain. Kamu bisa mengasah kemampuan tersebut dengan kegiatan training profesional melalui TALKINCMerry Riana Learning Centre (MRLC), dan masih banyak lagi.

 

2. Mengambil Sertifikasi Digital Marketing

Saat ini teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang diperlukan oleh seorang mahasiswa atau calon tenaga kerja adalah sertifikasi digital marketing. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai tanda mengikuti dan menguasai teknologi dan tren, memiliki tolak ukur digital skills, dan meningkatkan kredibilitas. Kamu dapat memperoleh sertifikasi melalui MarkPlus Institute yang memiliki tiga pilihan programyaitu level operasional, level manajerial, dan level strategis.

 

3. Volunteer Berbasis Event

Volunteer berbasis event adalah kegiatan sukarela yang bersifat komersial dan profit. Kamu dapat mengambil peluang tersebut dalam acara konser musik, fashion show, pameran, dan lain-lain. Benefit yang diperoleh berupa uang saku, kaos panitia, konsumsi, penginapan, sertifikat, dan lain-lain. Selain itu, hal ini dapat memperluas relasi dan menambah pengalaman dalam mengelola sebuah event. Informasi volunteer event terdekat yang dapat kamu ikuti adalah konser Tur Tulus Manusia pada Maret 2023 mendatang. Kamu dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi BBO.

 

Nah, semoga Fikomers semakin memahami ya perbedaan antara gaya hidup yang sibuk dan produktif. Pastikan kegiatan yang kamu lakukan mendukung efektivitas harimu dan memiliki dampak yang positif untuk sekitar. Yuk, terapkan gaya hidup produktif, karena #SibukBelumTentuProduktif. (AK)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018