Selasa, 31 Januari 2023
Keunggulan dan keberhasilan sebuah institusi tidak hanya dilihat dari input (dosen dan mahasiswa), tetapi juga harus memperhatikan output (lulusan). Salah satu Fikomers ‘07 Randy Soegiarto berhasil mengimplementasikan nilai entrepreneurship dari budaya H.E.P.I Fikom Untar.
Saat ini, Randy sedang membangun Master Culinary Group, bisnis yang fokus pada bidang Food & Beverages. Brand yang sudah berjalan dengan luar biasa di antaranya adalah Master Squid, Hei Hei, dan Gococo.
Hal yang menjadi motivasi Randy dalam membangun bisnis adalah keyakinan bahwa siapapun memiliki peluang untuk sukses. “Semua orang punya peluang sukses, mulai saja dulu dan jangan takut gagal,” ujarnya.
Randy mengawali bisnis Food & Beverages dengan brand Master Squid pada tahun 2015. Ia menceritakan, “Pada saat itu saya mulai dari bazaar to bazaar, belum ada store tetap. Tapi saya jalani itu beberapa bulan sampai akhirnya ada kesempatan untuk masuk ke mal. Sejak saat itu Master Squid mulai berkembang sampai saat ini dengan brandlainnya seperti Hei Hei dan Gococo.”
Proses perkembangan bisnis Randy hingga saat ini tidak lepas dari pengalamannya sebagai mahasiswa di Fikom Untar. Banyak sekali hal-hal yang diperoleh dari kuliah yang diterapkan langsung pada pekerjaan, misalnya belajar untuk berkomunikasi dengan benar, networking, dan membuat iklan. Mata kuliah yang memberikan dampak adalah marketing, fotografi, periklanan, dan komunikasi massa.
Randy berpesan kepada Fikomers yang sedang ingin membangun bisnis supaya berani bermimpi yang besar dan mulai dari hal yang kecil. “Selagi masih muda, habiskan jatah gagalmu. Untuk memulai bisnis jangan takut gagal, yang penting mulai saja dulu,” tutupnya.
Fikom Untar turut bangga dengan kesuksesan Randy Soegiarto. Yuk, semangat bermimpi dan realisasikan dengan memulai bekerja meraihnya. See you on top, Fikomers! (AK)