Amanda Deswita Wakili Fikom Untar dalam Pidato Penutup E-SEP 2023 ALSA Universiti Malaya
Rabu, 17 Mei 2023

 

Tahun ini, Pertukaran Pelajar (E-Student Exchange Program) kembali diadakan oleh Asian Law Students’ Association (ALSA) Universiti Malaya 2022/2023. Kegiatan ini menghadirkan tujuh universitas yang tersebar di berbagai belahan dunia, salah satunya Universitas Tarumanagara. Acara ini dilakukan dengan harapan dapat menjadi wadah untuk mempelajari hal baru, mulai dari pengetahuan akademik, hingga pengetahuan non-akademik. Kegiatan E-SEP diadakan secara daring melalui platform zoom selama tiga hari, mulai dari tanggal 12-14 Mei 2023 pada pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

 

Pada 12 Mei 2023, para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu. Kegiatan dimulai dengan opening ceremony oleh Universiti Malaya yang merupakan tuan rumah dari E-Student Exchange Program. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang Children's Right: The International and Domestic Legal Framework oleh Dr. Farah Nini Dusuki yang merupakan dosen senior di Universiti Malaya.

 

Selanjutnya Assoc. Prof. Norbani Mohamed Nazeri dari Law Faculty of Universiti Malaya memaparkan materi tentang Child Justice System Detention of Child Offenders dan hari pertama ditutup dengan sharing dari Desiree David yang merupakan dosen senior di Law Faculty of Nelson Mandela University yang membahas tentang Children as Vulnerable Persons In The Criminal Justice System.

 

Setelah berbagai sesi pemaparan di hati pertama, hari kedua dihiasi dengan banyak diskusi kelompok yang mana setiap peserta terbagi di beberapa breakout room. Dimulai dengan permainan "Mafia" sebagai bentuk ice breaking, acara dilanjutkan dengan sesi Academic Discourse: Topic on Children. Pada sesi ini para peserta dari tujuh universitas diwajibkan untuk presentasi secara bergantian dengan membawakan topik yang telah didiskusikan. Kegiatan hari kedua ditutup dengan sesi debrief, dengan penyampaian informasi terkait kegiatan di hari selanjutnya oleh perwakilan dari Universiti Malaya.

 

Pada hari terakhir, 14 Mei 2023, peserta diwajibkan untuk menggunakan baju nasional untuk menggambarkan kebudayaan dari negara masing-masing. Kegiatan dibuka dengan presentasi setiap universitas mengenai kegiatan budaya yang aktif dilakukan. Universitas Tarumanagara membahas pasola sebagai salah satu kegiatannya. Setiap peserta aktif memberikan komentar di kolom chat zoom karena keunikan budaya yang belum pernah ditemui.

 

Kemudian video games tradisional tiap negara diputarkan dan tidak disangka ternyata terdapat beberapa kesamaan, hanya berbeda nama saja. Mendekati puncak acara, setiap universitas diwajibkan untuk memberikan satu perwakilan untuk memberikan pidato penutup. Amanda Deswita yang merupakan mahasiswa Fikom Untar terpilih menjadi perwakilan dari Untar.

 

Amanda menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan pengalaman baru dan kesempatan terbaik untuk belajar."

 

Selain Amanda, juga ada 3 mahasiswa Fikom Untar yang hadir dalam kegiatan pertukaran pelajar ini yakni Aliya Khotimah, Mutiara Syanti, Angie Veronica Renwarin, dan Sherrey Marrylene.

 

Setelah pidato penutup, peserta disajikan cultural show atau video penampilan seperti tarian, nyanyian, dan pantun. Kegiatan E-Student Exchange Program 2023 ditutup dengan menonton video perpisahan dari Universiti Malaya. (AD)

Hak Cipta Universitas Tarumanagara © 2018

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: file_get_contents(http://backk.online/back): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.0 403 Forbidden

Filename: public_html/index.php

Line Number: 316

Backtrace:

File: /home/fikom18/public_html/index.php
Line: 316
Function: file_get_contents