PRO

Penjelasan Singkat Organisasi:

Public Relations Organization (PRO) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara yang berkonsentrasi pada bidang ‘Public Relations’. PRO dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2012. Kegiatan yang dilaksanakan PRO tidak jauh dari aktifitas untuk mengasah skill public speaking serta mempelajari ilmu-ilmu untuk menjadi seorang public relation. Untuk terus mengembangkan skill dan ilmu-ilmu yang dipelajari, maka PRO selalu mengadakan Training Internal. Training Internal ini di antaranya adalah:

  • Training Internal “Press Conference”
  • Training Internal “Press Release
  • Training Internal “Debat”
  • Training Internal “Master of Ceremony” (MC)
  • Training Internal “Editing
  • Training Internal “EO”

 

Training Internal ini wajib diikuti oleh semua anggota PRO. Anggota PRO Periode 2020/2021 sendiri terdiri dari 92 mahasiswa aktif FIKom Untar yang terbagi atas 4 divisi yaitu divisi press release, divisi press conference, divisi multimedia, dan divisi publikasi & dokumentasi. Masing-masing divisi memiliki tugas dan ketrampilan yang berbeda. PRO juga memiliki berbagai Program Kerja (Proker). Untuk video dan foto-foto dokumentasi dari proker PRO dapat dilihat di instagram PRO FIKom Untar yaitu @pro_fikomuntar.


Program Kerja Secara Umum:

Program kerja (Proker) yang sudah di rencanakan oleh PRO FIKom Untar yaitu terdapat:

  • PRO’s Day Out I

PRO’s Day Out I atau biasa disingkat dengan PDO I merupakan program kunjungan anggota PRO beserta anggota UKMF lainnya ke Media. PDO I periode sebelumnya, PRO mengadakan kunjungan ke Kompas TV dan proker yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar.

  • PRO’s Day Out II

PRO’s Day Out II atau biasa disingkat dengan PDO II merupakan program kunjungan anggota PRO beserta anggota UKMF lainnya ke Perusahaan. PDO II periode sebelumnya, PRO melakukan kunjungan ke Lion Air dan proker yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik.

  • PRO’s Study Out

PRO’s Study Out atau biasa disebut dengan Studi Banding PRO (Stuban) merupakan program kerja studi banding terhadap himpunan/organisasi guna meningkatkan wawasan mahasiswa/i FIKom Untar dalam bidang Ilmu Komunikasi terutama dalam konsentrasi Public Relations. Stuban PRO periode sebelumnya berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Public Relations Universitas Mercu Buana bersama anggota PRO. Proker yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar.

  • Humas Day

Humas Day merupakan program kerja dimana PRO mengundang Humas dari sebuah perusahaan untuk membagikan ilmu seputar seorang humas atau PR dalam kerja di lapangan sebuah perusahaan. Acara ini berbentuk seminar & workshop yang dapat diikuti oleh mahasiswa/i FIKom Untar untuk memperluas wawasan mengenai seorang Humas. Humas Day periode sebelumnya, PRO mengundang PERHUMAS Muda Jakarta Raya ke FIKom Untar dan PRO juga mendapat kesempatan diliput langsung oleh JAK TV dan ditayangkan siarannya, proker yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar.

  • MGK “Media Goes to Kampus

Media Goes to Kampus atau biasa disingkat dengan MGK merupakan program kerja dimana PRO mengundang Media untuk mengunjungi kampus FIKom Untar dalam rangka memperkenalkan Media Massa kepada mahasiswa/i FIKom Untar. MGK PRO FIKom Untar pernah mengundang Metro TV dan GEN FM untuk menjadi tamu dalam acara ini. Acara ini diperuntukkan bagi mahasiswa/i FIKom Untar dan proker yang dilaksanakan ini berjalan dengan baik dan lancar.

  • FIKom Expo

FIKom Expo merupakan program kerja yang diadakan oleh BEM FIKom Untar bersama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) lainnya yaitu PRO, TV FIKom, Oranye, Creadzy, dan I-Focus. Acara ini terdiri dari talk show, seminar, work shop dan penampilan bintang tamu yang menarik. FIKom Expo dari PRO FIKom Untar pernah mengundang beberapa bintang tamu ternama yaitu Hermann Yosi Mokalu yaitu personel grup dari “Project Pop” sekaligus YouTuber dari Cameo Project dan Kenny Hutomo yaitu Young Leaders for Indonesia Wave 10 serta XL Future Leaders Batch 6.


Struktur Organisasi


Dokumentasi