Oranye NEWS

Mungkin Kamu Salah Satunya, Ini Cara Mengatasi Stres Pada Mahasiswa!

Photo by Tim Gouw on Unsplash

Oleh: Very Yovelin

Sebagai seorang mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu tidak lepas dari jadwal kelas yang padat, tumpukan tugas individu dan kelompok, kegiatan kampus, dan lainnya. Sahabat Jeruk bisa kewalahan jika tidak bisa mengatur dan mengimbangi kehidupan dengan baik, dan kewalahan yang dialami Sahabat itu dapat menimbulkan stres. Stres yang diakibatkan dari kewalahan ini dapat mempengaruhi perilaku Sahabat dalam kehidupan sehari-hari.

Ciri-ciri stres yang dapat dialami oleh Sahabat Jeruk yang masih menjadi mahasiswa salah satunya adalah kesulitan menangkap materi kuliah. Selain itu, emosi Sahabat menjadi bisa menjadi tidak stabil dan mudah marah. Sahabat Jeruk juga bisa menjadi lebih sering terkena penyakit, dan selalu merasa takut jika bertemu dengan dosen. Stres bukan hanya akan memengaruhi kesehatan mental Sahabat, tetapi juga performa Sahabat selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Bila Sahabat sudah merasakan ciri-ciri tersebut, segera atasi stress agar keadaan tidak bertambah buruk. Yuk baca artikel ini dan ketahui cara mengatasi stres pada mahasiswa!

 

1. Tenangkan diri

 

Photo by Eli DeFaria on Unsplash

Banyak orang yang merasa hidupnya terganggu ketika pikirannya bermasalah atau merasakan stres. Sedangkan, pikiran yang tenang dapat membuat keadaan orang tersebut menjadi lebih baik. Menenangkan diri dapat dilakukan dengan cara mengatur irama nafas seperti mengambil napas perlahan melalui hidung, tahan napas selama beberapa detik, dan hembuskan napas melalui mulut. Ulangi sebanyak yang Sahabat Jeruk perlukan untuk mengatur kembali irama nafas ketika sedang stress.

 

2. Mendengarkan musik

 

Photo by Siddharth Bhogra on Unsplash

Musik bisa menjadi alternatif terapi yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional. Dilansir dari Halodoc, mendapat musik mampu memberikan seperti memperlambat denyut nadi dan detak jantung. Mendengarkan musik tenang dan santai dapat mengurangi jumlah neuron pada bagian otak yang merespons rasa takut. Maka dari itu, musik dapat menenangkan kamu saat merasakan sakit maupun stres.

 

3. Olahraga

 

Photo by Jenny Hill on Unsplash

Salah satu aktivitas fisik yang dapat Sahabat Jeruk lakukan adalah olahraga. Selain dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat membantu Sahabat mengatasi stres. Meluangkan waktu untuk berolahraga dapat melepaskan endorfin yang merupakan hormon yang tugasnya meningkatkan suasana hati, fokus, dan kualitas tidur. Sahabat Jeruk bisa berolahraga seperti jogging, menari, dan yoga.

 

4. Curhat

 

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Mencurahkan perasaan dengan teman yang dapat dipercaya dapat menjadi cara mengatasi stres dan membuat perasaan menjadi lebih lega. Cobalah untuk curahkan perasaan Sahabat kepada teman atau anggota keluarga yang dapat mendengarkan dan memberi nasihat yang membangun. Selain itu, Sahabat juga bisa mencari bantuan profesional kepada konselor atau psikolog.

 

5. Meditasi

 

Photo by Processingly on Unsplash

Meditasi diyakini dapat memberikan ketenangan sehingga emosi dan kesehatan tubuh stabil secara keseluruhan. Meditasi membantumu untuk mengurangi emosi negatif, mencegah dan melatih diri untuk dapat mengelola stres. Sahabat Jeruk bisa melakukannya dengan cara duduk tenang, fokuskan pikiran, mengatur pernapasan perlahan-lahan, dan teratur selama setidaknya 15-20 menit.

 

Itulah beberapa contoh cara mengatasi stres buat Sahabat Jeruk yang masih menjadi seorang mahasiswa. Sahabat Jeruk bisa mencoba untuk mempraktikkan cara untuk mengatasi stres yang sudah dijelaskan yang dapat membantu Sahabat agar terhindar dari  resiko stres dan aktivitas tidak akan terganggu. Selamat mencoba!