Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara disusun berdasarkan Berdasarkan  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015. Kurikulum Operasional berbasis KKNI untuk program studi strata satu Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara ditetapkan sebanyak 146 sks, yang memuat empat komponen capaian pembelajaran yang masuk kedalam setiap matakuliah. 

Tujuan Pendidikan S1 Ilmu Komunikasi

  1. Membentuk dan menghasilkan sarjana yang berintegritas, professional, dan humanis dalam melaksanakan pekerjaannya dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  2. Membentuk dan menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya sehingga mempunyai bekal yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mampu berperan-serta dalam pengembangan praktek komunikasi di Asia Tenggara
  3. Membentuk dan menghasilkan sarjana yang mengusai konsep teoritis di bidang komunikasi serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam menghadapi masalah-masalah dengan melakukan identifikasi, analisis, asosiasi, yang terampil dan berjiwa entrepreuner.
  4. Mengembangkan Ilmu Komunikasi berbasis Standar Nasional Dikti mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) untuk mengantisipasi tuntutan masyarakat Asia Tenggara, stakeholder, dan kemajuan ilmu komunikasi. Oleh karena itu lebih menitikberatkan pada upaya membangun kompentensi mahasiswa dalam bidang konsentrasinya dan menjunjung tinggi humanisme sebagai gejala umum dalam kehidupan sosial maupun bisnis.