Kolaborasi Fikom dan FEB Untar: Pemberdayaan UMKM Lewat Strategi Komunikasi dan Pemasaran Digital di Rumah BUMN Denpasar

Denpasar, 8 Agustus 2025 – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (Fikom Untar) berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (FEB Untar) dalam menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) multifakultas seputar pemasaran digital dan komunikasi pemasaran di Rumah BUMN Denpasar, Bali. Kegiatan ini diikuti oleh para pengusaha UMKM di sekitar Denpasar yang menunjukkan ketertarikan tinggi dan partisipasi aktif selama berjalannya kegiatan.

Kegiatan PKM bertajuk “Komunikasi Pemasaran Digital UMKM Melalui Konten Digital dan Storytelling” ini dibuka dengan sesi seminar interaktif oleh Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Untar Dr. Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si. Dalam pemaparannya, Dr. Wulan menekankan pentingnya membangun narasi melalui cerita yang autentik dan konsisten sebagai media komunikasi pemasaran digital untuk menciptakan penjenamaan usaha yang kuat.

Sesi dilanjutkan oleh salah satu dosen FEB Untar Dr. Mei Ie, S.E., M.M. yang membahas tentang pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam mengelola UMKM. Dr. Mei Ie menyampaikan bahwa keberhasilan strategi pemasaran tidak hanya bergantung pada aspek eksternal seperti promosi dan branding, tetapi juga pada pengelolaan internal UMKM, terutama dalam hal pengembangan SDM yang adaptif terhadap perubahan digital.

Dr. Hetty Karunia Tunjungsari, S.E., M.Si., dosen FEB Untar lainnya sekaligus Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tarumanagara (LPPM Untar) memandu sesi terakhir mengenai strategi pemasaran consumer-based dan pembuatan konten digital melalui diskusi interaktif bersama para peserta. Dalam sesi diskusi interaktif ini, para peserta diajak untuk melakukan sharing terkait usahanya kemudian mendapatkan umpan balik berupa saran-saran konstruktif. Sebelum menutup sesinya, Dr. Hetty turut mendemonstrasikan sekilas praktik penggunaan aplikasi desain Canva untuk keperluan promosi usaha atas permintaan para peserta yang sangat berantusias.

“Kami berharap ke depannya Rumah BUMN bersedia untuk bekerja sama dengan kami untuk mengadakan kegiatan-kegiatan lain,” pesan Dr. Hetty. Dengan diselenggarakannya kegiatan PKM ini, Fikom Untar bersama FEB Untar berkomitmen untuk mengedukasi serta memberdayakan para pelaku UMKM agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren pasar saat ini demi mendorong kemandirian dan keberlanjutan bisnis UMKM lokal. Kolaborasi lintas disiplin ini menjadi wujud nyata kontribusi Untar dalam menjembatani ilmu akademis dan kebutuhan nyata masyarakat, khususnya dalam memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerah (CH).

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

28-30

April

Pekan Praktisi 2025

2

Mei

Seminar Mahasiswa, Industri, dan Komunikasi (SMKIM) 2025

31

Mei

Fikom Expo 2025

1-8

Juni

Communication Week 2025

16-20

Juni

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap 2024/2025