Akademik & Kurikulum Program Studi

Sarjana Ilmu Komunikasi

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi yang unggul di kawasan Asia Tenggara dan menghasilkan lulusan yang memiliki nilai-nilai Humanis berjiwa Entrepreneur, Profesional, serta berintegritas

Misi Program Studi

  1. Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan bidang ilmu komunikasi yang humanis dan kompeten yang memiliki integritas, profesional serta berjiwa entrepreneurship
  2. Melaksanakan kegiatan tridharma di bidang ilmu komunikasi bagi seluruh sivitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai Humanis, integritas, profesional dan entrepreneurship
  3. Melaksanakan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan bidang komunikasi dan teknologi informasi, dan seni secara berkesinambungan.
  4. Melaksanakan kerjasama di bidang komunikasi yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring

Profil Lulusan

  1. Praktisi Public Relations Bisnis
  2. Praktisi Iklan
  3. Praktisi Jurnalistik
  4. Praktisi Bidang Komunikasi
  5. Entrepreneur Bidang Komunikasi

Capaian Pembelajaran

Rumusan Sikap & Tata Nilai

Integritas: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berperikemanusiaan, kecintaan terhadap tanah air, permusyawaratan, berkeadilan.

Profesional: Mampu berkontribusi dalam menerapkan, mengembangkan dan menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kedisiplinan, ketaatan dan tanggung jawab secara mandiri terhadap norma akademik dan hukum, mutu kehidupan, dan motivasi pembelajaran sepanjang hayat.

Entrepreneurship: Mampu menunjukkan semangat kepemimpinan, kerjasama, berani mengambil resiko, memanfaatkan peluang, dan solutif.

 

Rumusan Keterampilan Umum

KU1. Kemampuan menganalisis, merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas atau permasalahan dengan memperhatikan batasan yang diberikan.

KU2. Kemampuan untuk berkomunikasi dalam konteks profesional.

KU3. Kemampuan untuk bekerjasama dalam tim multidisiplin dan multibudaya.

 

Rumusan Pengetahuan

P1. Mampu menelaah dan mengkritisi filosofi keilmuan, konsep, teori, metode, etika, dan IPTEK dibidang Ilmu Komunikasi yang meliputi Hubungan Masyarakat, Periklanan, Jurnalistik dan Entrepreneurship secara professional

P2. Mampu menguraikan dan mengkritisi secara humanis fenomena komunikasi yang meliputi politik, ekonomi dan bisnis, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, dan teknologi baik secara nasional maupun global.

P3. Mampu mengevaluasi dan merancang Teknik komunikasi lintas fungsi, level, organisasi, dan budaya secara operasional yang meliputi bidang hubungan masyarakat, periklanan, jurnalistik, dan Entrepreneurship secara professional

 

Rumusan Keterampilan Khusus

KK1. Mampu merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program Komunikasi dalam bidang Hubungan masyarakat, periklanan, dan Jurnalistik baik secara profesional berlandaskan prinsip Entrepreneurial.

KK2. Mampu menciptakan media, ide kreatif, mengkaji, mendesain, meliput, karya tulis ilmiah, dan bisnis secara professional

KK3. Mampu melakukan komunikasi, negosiasi, memahami klien secara efektif, wawancara, persuasi, investigasi, dengan mengedepankan sisi humanis.

Peta Kurikulum

Mata Kuliah

Semester 1

  • Pengantar Ilmu Komunikasi
  • Peminatan Komunikasi
  • Media Cetak & Online (PK-1)
  • Komunikasi Bisnis & Kewirausahaan (PK -2)

Semester 2

  • Teori & konteks komunikasi
  • Humas Digital
  • Iklan Digital
  • Jurnalistik Digital
  • Produksi Siaran Radio (PK-3)
  • Pengantar Riset (PK – 4)

Semester 3

  • Perspektif Komunikasi
  • Manajemen Humas
  • Manajemen Iklan
  • Manajemen Jurnalistik
  • Produksi Siaran TV & Film (PK – 5)
  • Riset Komunikasi (PK – 6)

Semester 4

  • Komunikasi Global & Bahasa Inggris (PK – 7)
  • Implementasi Program Komunikasi (PK – 8)
  • Publikasi 1
  • Humaniora (PK – 9) Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia

Semester 5

  • Media Sosial (PK – 10)
  • Pengabdian Bidang Komunikasi (PK -11)
  • Berpikir Kreatif
  • Bahasa Mandarin
  • Presentasi dan Negosiasi (PK– 12)

Semester 6

  • Seminar
  • Implementasi HEPI (Humanis, Entrepreneurship, Profesional & Integritas)
  • Profesi Bidang Komunikasi
  • Publikasi 2

Semester 7

  • Skripsi
  • Diseminasi & Publikasi
  • Kapita Selekta