Petualangan Aroma Sekaligus Ide Bisnis Baru di Scentsation 2024

Scentsation 2024 merupakan salah satu rangkaian kegiatan Communication Week yang diprakarsai oleh Kelas E angkatan 2022. Diselenggarakan pada hari Jumat, 7 Juni 2024, bertempat di Apiary Coworking Space, Lippo St. Moritz, Jakarta Barat, Scentsation 2024 berkesempatan untuk bekerja sama dengan The Cally Studio yang merupakan salah satu agen perfumery workshop. Kegiatan ini dihadiri oleh 38 peserta dari berbagai kalangan dan didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Implementasi Program Komunikasi dan Publikasi, Gregorius Genep Sukendro, S.Sos., M.Si. dan Doddy Salman S.H., M.Si. 

Selaras dengan salah satu cita-cita Sustainable Development Goals (SDGs), Scentsation 2024 memiliki tujuan untuk meningkatkan industri dan mengembangkan inovasi khususnya dalam bidang perfumery yang masih bisa dieksplorasi dan dapat menjadi ide peluang usaha baru di masa depan. 

Acara dimulai pada pukul 14.00 dengan dipandu oleh Refni Seftiarinda selaku Master of Ceremony. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Tarumanagara, dilanjutkan dengan sesi kata sambutan dari Dian Putri Katarina Rajagukguk selaku Ketua Pelaksana Scentsation 2024, dan Gregorius Genep Sukendro, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing. Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol peresmian acara oleh Doddy Salman S.H., M.Si. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama Khairunnisa Afifah selaku pemilik The Cally Studio, kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik meracik parfum 30ml dan pembelajaran dasar mengenai bidang perfumery bersama para peserta. 

“Awalnya aku coba-coba aja bisnis di bidang perfumery karena masih jarang orang tahu. Aku harap teman-teman bisa mendapat ilmu baru lewat acara ini” tutur Khairunnisa.

Sebelum praktik meracik parfum, Khairunnisa memberikan pemahaman dasar mengenai parfum, seperti jenis-jenis wewangian, tingkat konsentrasi parfum, dan bagaimana memadukan wewangian yang berbeda dengan tepat. Para peserta diberikan kesempatan untuk mencium beberapa aroma yang sudah disediakan, kemudian para peserta diminta menuliskan aroma-aroma yang mereka pilih dalam lembar kerja beserta dengan tingkat konsentrasinya, setelah itu barulah peserta diberikan waktu untuk berkreasi dengan mencampurkan aroma-aroma pilihan mereka dengan tetap didampingi oleh Khairunnisa, tim The Cally Studio, dan panitia Scentsation 2024. 

Setelah sesi workshop parfum, para peserta melakukan dokumentasi bersama. Berikutnya adalah sesi doorprize yang diserahkan oleh Alicia Virlinda selaku Wakil Ketua Pelaksana dan kata penutup dari Ketua Pelaksana. 

“Semoga dari acara ini, para peserta mendapat ilmu baru dan bisa menjadi ide usaha baru di bidang perfumery di masa depan” ucap Dian. 

Acara ditutup dengan penampilan dari The Soedirman yang membawakan lagu “Fix You” dari Coldplay, “Orang Ke 3” dari HiVi!, dan “Cantik” dari Kahitna sambil menikmati snack yang disediakan oleh panitia.

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

22

Juni

Dies Natalis ke-18 Fikom Untar “Merajut Komunikasi yang Humanis”

24-26

Juni

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap 2023/2024

2-4

Juli

Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Periklanan

3

Juli

Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa Jurnalistik

31

Juli

Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru