Konferensi Komunikasi Hadirkan Tema Masa Depan Komunikasi Publik

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar menyelenggarakan Konferensi Nasional Komunikasi Humanis (KNKH) 2024 pada Rabu, 30 Oktober 2024, secara daring, dengan tema “Masa Depan Komunikasi Publik: Tantangan dan Peluang.”

Konferensi yang sudah memasuki tahun ketujuh ini mengundang beberapa pembicara, yaitu Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital Universitas Indonesia Dr. Firman Kurniawan, Direktur Utama & Bisnis Internasional PT. Sarinah Fetty Kwartati, dan Dosen Fikom Untar Dr. Muhammad Adi Pribadi, S.E., M.I.B., M.Comm.

Rektor Untar, Prof. Dr. Amad Sudiro, SH, MH, MM, MKn., saat membuka konferensi, menyatakan bahwa tema yang dipilih sangat relevan untuk dibahas di era digital. Menurutnya, perkembangan komunikasi publik sebagai bagian dari proses penyampaian pesan dari individu kepada masyarakat dapat memengaruhi cara membangun hubungan yang lebih luas dengan khalayak.

“KNKH ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sarana pengembangan dan pemahaman bagi masyarakat serta menjadi kajian bagi para peserta konferensi tentang komunikasi publik,” tambahnya.

Dekan Fikom, Dr. Riris Loisa, menyampaikan bahwa komunikasi publik bersinggungan dengan hal-hal yang menyangkut kehidupan masyarakat. Sebagai akademisi dan praktisi di bidang komunikasi, hal ini perlu dicermati dan didiskusikan dalam berbagai forum, salah satunya melalui Konferensi Komunikasi Humanis ini. “Kami berharap komunikasi publik di masa yang akan datang membawa kebaikan bagi masyarakat,” ujarnya.

Diskusi Komunikasi Publik

Para pembicara menyampaikan pandangannya terkait topik komunikasi publik dalam sesi utama KNKH, yang dimoderatori oleh Dosen Fikom, Septia Winduwati, S.Sos., M.Si.

Firman Kurniawan menyampaikan topik Hari Depan Komunikasi Publik di Tengah Matinya Dialog, yang membahas tantangan utama komunikasi publik di era digital, di mana dialog antara institusi dan masyarakat sering kali terhambat. Ia memaparkan tiga paradoks komunikasi publik: pertama, banyaknya informasi yang tidak diimbangi dengan transparansi; kedua, informasi yang berlimpah namun dengan tema yang terbatas; dan ketiga, pemerintah serta masyarakatnya berbicara intensif, namun tidak saling mendengarkan. Firman menekankan pentingnya komunikasi publik yang partisipatif dan transparan untuk mendorong dialog dan membangun kembali kepercayaan.

Pembicara kedua, Fetty Kwartati, menekankan pentingnya komunikasi publik dalam meningkatkan kepercayaan publik, membantu meredam krisis, meminimalkan dampak negatif pada citra lembaga, dan meningkatkan loyalitas merek. Dalam paparannya yang berjudul Public Communication in Digital Era: Sarinah’s Communication Strategy during Transformation, ia juga menjelaskan strategi transformasi perusahaan dalam mengubah citranya menjadi pusat budaya dan komersial yang mendukung UMKM.

Sementara itu, Muhammad Adi Pribadi sebagai pembicara ketiga melihat komunikasi publik sebagai bagian penting dalam memperkenalkan organisasi, produk, dan merek kepada masyarakat melalui berbagai kanal komunikasi. Dalam presentasinya yang berjudul Komunikasi Publik: Artificial Intelligence & Advertising, ia menyebut bahwa iklan sebagai bagian dari komunikasi publik berfungsi untuk menciptakan kesadaran dan memengaruhi khalayak, termasuk dalam kampanye layanan masyarakat. Menurutnya, perkembangan teknologi, khususnya AI, menyederhanakan proses pembuatan iklan melalui otomatisasi, seperti Smart Generation System (SGS-PAC).

KNKH 2024, yang juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-65 Untar, diikuti oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa dari berbagai kampus yang telah menyertakan artikel hasil riset dan pemikiran mereka terkait topik-topik seputar komunikasi publik. Konferensi ini juga dapat terselenggara atas dukungan Co-Host: Universitas Pancasila dan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita. Sponsor: Gramedia Pustaka Utama dan Sarinah. Media Partner: Tempo dan Daai TV.

Ketua Panitia KNKH 2024, Doddy Salman, menyatakan bahwa artikel-artikel yang masuk dalam KNKH ini akan dipublikasikan dalam sebuah buku. Ia berharap konferensi ini menjadi kontribusi sivitas akademika Fikom Untar dalam membangun komunikasi publik yang lebih baik. (YS)

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

30-31

Oktober

KNKH 2024 “Masa Depan Komunikasi Publik: Tantangan & Peluang”

22

November

Donor Darah BEM Fikom Untar

2-6

Desember

Ujian Akhir Semester (UAS)

2-14

Desember

Sidang Skripsi Semester Ganjil Tahun Akademik 2024-2025

12

Desember

Launching Magister Ilmu Komunikasi Untar