Fikom Untar X Cerita Cantik: Pentingnya Personal Branding

Jakarta, 14 Oktober 2024 – Fikom Untar bekerja sama dengan Cerita Cantik pada kegiatan Pekan Praktisi Semester Ganjil 2024/2025. Dengan tema “Pentingnya Personal Branding dan Cara Monetisasinya” Cerita Cantik diwakili oleh Senior VP Commercial Cerita Cantik Gracia Asadianika dan Account Manager Cerita Cantik Rahman Hakim Djail untuk membagikan tentang tips dan trik untuk mengelola personal branding dan beragam jalan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari hal tersebut. Acara diadakan di Auditorium Gedung M, Kampus 1 Untar.

“Setiap orang membutuhkan personal branding, karena personal branding merupakan hal yang sangat penting terutama di dunia sekarang yang begitu terhubung dan kompetitif,” ujar Gracia.

Gracia juga menyebutkan bahwa personal branding memampukan kita untuk memiliki keuntungan yang berbeda dibanding orang lain, serta membangun kepercayaan dan kredibilitas. Selain itu personal branding juga membantu kita untuk menciptakan peluang-peluang profesional, menarik orang lain, dan mendukung kita untuk mencapai tujuan kita.

“Identifikasi keunikanmu, kekuatan, dan juga kelemahan. Identifikasikan apa yang membuatmu berbeda dari orang lain terutama di bidangmu. Apa saja keahlian, talenta, dan pengalamanmu yang unik?” ajak Gracia untuk peserta melakukan identifikasi dan refleksi diri.

Selain mengidentifikasikan keunikan, Gracia juga menyampaikan cara selanjutnya untuk mengelola personal branding kita antara lain dengan memperjelas passion kita, menjadi otentik namun adaptif. Passion menjadi seperti bensin dan itu membuat kita bekerja lebih keras dan semangat untuk mencapai tujuan kita. Otentisitas juga membangun kepercayaan dan hubungan yang berumur panjang. Namun, adaptif juga penting karena industri, tren, dan audiens terus menerus berevolusi.

Foto Oleh: Marchello Kosasih

Foto Oleh: Marchello Kosasih

Melanjutkan pemaparan dari Gracia, Rahman melengkapinya dengan berbagai cara untuk monetisasi personal branding yang telah kita bangun. Rahman memulai materinya dengan menjelaskan bahwa social commerce adalah platform media sosial yang terintegrasi dengan e-commerce. Social commerce yang menjadi wadah untuk monetisasi personal branding antara lain adalah in-app shopping, user generated content, livestream shopping, dan affiliate.

Dalam in-app shopping, pengguna dapat membeli barang tanpa keluar dari media sosial, sedangkan user generated content bicara tentang bagaimana pemengaruh maupun pengguna media sosial biasa membagikan review produk yang pada akhirnya membantu orang lain untuk melakukan keputusan pembelian. Kemudian livestream shopping yang juga ramai hari-hari ini di mana para penjual menampilkan barang dagangannya secara aktual dan berinteraksi dengan audiens di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan lain-lain. Affiliate yang juga sedang naik daun merupakan para creators yang mempromosikan produk dan meningkatkan penjualan sebuah merek, dengan imbalan komisi.​

Dalam memanfaatkan momentum dan tren ini, Rahman mengajak peserta untuk menemukan niche dan gaya pribadi yang unik. “Buatlah portofolio, tetap mengikuti tren, mengembangkan keahlian yang kita miliki. Dalam menciptakan user generated content, kita perlu membuatnya tetap jujur dan otentik. Kemudian jadilah host yang baik apabila melakukan livestream shopping. Tampil percaya diri dan kelola energi kita,” tutur Rahman.

Melalui kegiatan Pekan Praktisi ini, diharapkan setiap peserta mahasiswa/i Fikom Untar mampu mengelola personal branding yang mereka miliki, agar hasil yang diciptakan optimal. Fikom Untar juga berharap mahasiswa/i Fikom Untar dapat menjadi pribadi yang otentik dan jujur dalam setiap hal yang dikerjakan. Fikom Untar, Bukan Main! (LI)​​

Berita Terbaru

Agenda Mendatang

 

28-30

April

Pekan Praktisi 2025

2

Mei

Seminar Mahasiswa, Industri, dan Komunikasi (SMKIM) 2025

31

Mei

Fikom Expo 2025

1-8

Juni

Communication Week 2025

16-20

Juni

Ujian Akhir Semester (UAS) Genap 2024/2025